Monday, July 8, 2013

Tim Kece Kembang Kuning - Mahasiswa Mengabdi #1

"Rasanya baru kemarin"

Kalimat itu pasti sudah tidak asing di telinga kalian, namun memang itulah yang terjadi apabila kita menikmati setiap detik, menit, jam yang kita lalui.

Tepat tanggal 23 Juni 2013 aku dan tim IGTF bekerja sama dengan tim Mahasiswa Mengabdi diberangkatkan di Bogor untuk mengabdikan diri ke masyarakat. Jujur kata "mengabdi" terlalu berlebihan untukku, karena saat itu aku masih tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Tim Bogor dibagi ke beberapa kelompok kecil, dan aku bersama tiga orang lagi ditempatkan di Desa Kembang Kuning. Mereka dalah Dedy, Deya, Nur dari IPB. Perjalanan kami bisa dibilang tidak mudah, ketika tim lain sudah bergerak menjalankan tugas, kami masih terdiam di Mesh -tempat sementara sebelum dapat tempat tinggal- dan tak tahu apa yang harus dilakukan.


Namun semua itu berubah setelah kami menemukan POSDAYA Melati dan Mawar di desa Kampung Tegal , kelurahan Kembang Kuning. Semangat kami yang sempat meredup kembali menyala karena semangat dari Koordinator POSDAYA MELATI yaitu Ibu.Titi yang bisa dibilang "Kecil-kecil bom molotof" !! Bukan lagi cabe rawit. Beliau sangat semangat menjalankan program-program POSDAYA untuk pemberdayaan masyarakat. Dan inilah gambaran sesungguhnya dari "Pelita Bangsa" | "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa".

Bersama Bu.Titi dan sederet jajaran tim POSDAYA MELATI dan MAWAR kami menyelenggarakan lomba mewarnai dengan tema "Cintai Lingkungan". Kau tahu, disini aku menemukan fakta "Bangku universitas bertekuk lutut dihadapan kearifan dan pengalaman masyarakat desa". Mungkin kami yang notabene mahasiswa lebih unggul dalam bidang keilmuan, dan beberapa skill tertentu. Namun kami tidak bisa mengelak bahwa dengan modal itu saja tidak cukup untuk diaplikasikan ke masyarakat. Kearifan dan pengalamanlah yang bisa membawa kita dan masyarakat sukses maju kedepan.

Disini aku juga menemukan sosok "wonder woman" ! Bayangkan saja, ditengah penyuluhan - yang menurutku membosankan- Para WonderWoman ini msih bisa mencerna dengan baik materi yang disampaikan, dengan menggedong seorang bayi yang rewel, dan keadaan yang cukup panas. Dan ilmu yang mereka dapatkan bisa mereka serap dengan baik dan diaplikasikan dengan baik pula. Disisi lain aku dan mahasiswa pendamping bermain hp, foto-foto dan bahkan aku sempat tidur. *sengaja aku buka semua untuk kebaikan bersama*. Sungguh luar biasa semangat dari masyarakat.

Tepat detik ini, kami menginjak H+7, banyak hal yang telah kami lakukuan bersama-sama. Dibalik semua tingkah konyol timku dan sisi negatif kami -seperti yang aku sebutkan di atas. Kami tim Mahasiswa Mengabdi dan IGTF telah banyak menuai pelajaran dan memberi pelajaran dari dan untuk masyarakat desa. Semoga, kedatangan kami ini bisa memberi manfaat tidak hanya merepotkan saja hehe.

NB : Foto dokumentasi menyusul dikarenakan sinyal yang lemah di daerah Kembang Kuning, kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor


No comments:

Post a Comment